WOUND CARE CLINIC

WOUND CARE CLINIC



Dalam kegiatan sehari-hari, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya LUKA bukan?, Luka adalah terputusnya kontinuitas jaringan yang dikarenakan oleh trauma. Walaupun terlihat sepele, tetapi jika tidak ditangani dengan sebaik-baiknya luka yang kecil akan dapat menimbulkan masalah-masalah dibawah ini, bayangkan bagaimana jika hal ini terjadi di wajah anda atau bagian tubuh lainnya pada diri anda... :
 
1.Hipertrofik scar                                        2. Keloid                             3.Luka  tidak sembuh-sembuh

atau luka dengan adanya masalah penyerta seperti : penyakit kencing manis (Diabetes Melitus)  dan kelumpuhan (Parese) yang menyebabkan luka susah sembuh dan lama sekali sembuh dan disertai komplikasi berupa bau yang tidak sedap, nanah serta cairan eksudat dan jaringan mati (nekrotik) berwarna hitam. Permasalahan luka yang tidak sembuh-sembuh tersebut seperti gambar dibawah ini :


memerlukan penanganan khusus yang disebut DEBRIDEMENT dengan metode MODERN WOUND DRESSING. Pastikan and anda mendapatkan perawatan luka dengan metode ini karena dibadingkan metode perawatan luka yang konvensional, keuntungan yang anda dapatkan adalah sebagi berikut :
Dari namanya saja MODERN WOUND DRESSING anda tentu berpikir bahwa biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibandingkan metode kovensional, akan tetapi mengapa pada tabel perbandingan diatas dikatakan "BIAYA LEBIH EFEKTIF" ? padahal harga obatnya saja lebih mahal...
Untuk menjawabnya, silahkan perhatikan kalkulasi perbandingan 2 kasus dibawah ini :



 pada metode konvensional harus dilakukan penggantian balutan 3x sehari atau minimal 1x sehari 








sedangkan pada metode modern wound dressing penggantian balutan cukup dilakukan 1x dlam 3 hari atau minimal 1x dalam 5 hari sehingga sangat menghemat biaya perawatan luka maupun waktu dan efektifitas kerja mengganti balutan

Adapun Debridement sendiri terbagi atas 5 tingkatan, dimulai dari yang paling radikal sampai yang konservatif adalah sebagai berikut :

* SURGICAL DEBRIDEMENT
Proses pembersihan luka dari seluruh kotoran dan slough serta jaringan nekrotik yang terdapat pada luka melalui tahap pembedahan dengan menggunakan pisau bedah. Biasanya hasilnya sangat signifikan dan cepat, langsung tampak bedanya sebelum dan sesudah proses, seperti gambar dibawah ini :
* ENZYMATIC DEBRIDEMENT
Proses pembersihan luka dari seluruh kotoran dan slough serta jaringan nekrotik yang terdapat pada luka melalui tahap pembedahan dengan menggunakan suatu enzym yang dibuat dari ekstrak tumbuhan, Enzim ini akan bekerja selektif pada luka dengan memakan dan melunakkan jaringan nekrotik dan slough. Proses ini memakan waktu agak lama, tetapi dapat mempercepat preparasi bed luka menjadi lebih bersih dan siap untuk tahap penutupan dan penyembuhan luka, jika dibandingkan dengan perawatan luka biasa /konservatif.

* AUTOLYTIC DEBRIDEMENT
Proses pembersihan luka dari seluruh kotoran dan slough serta jaringan nekrotik yang terdapat pada luka dengan menggunakan MODERN WOUND DRESSING, dimana perawatan luka ini mirip dengan enzymatic debridement, hanya bedanya jika enzymatic debridement yang bekerja adalah enzim yang diberikan dari luar, sehingga ada resiko alergi, sedangkan pada autolytic yang bekerja adalah enzim-enzim dari dalam tubuh sendiri yang dipercepat prosesnya dengan metode MODERN WOUND DRESSING. Sehingga luka-luka infeksi yang megandung jaringan nekrotik, slough, eksudat dan sebagainya akan lebih cepat membaik dan ditumbuhi jaringan sehat yang akan mempercepat sembuhnya luka. Keuntungan lainnya dengan metode ini adalah : kita tidak perlu mengganti balutan setiap hari, cukup setiap 3 hari sekali sampai dengan 5 hari sekali, tergantung pada kondisi penyembuhan luka, sehingga menghemat biaya perawatan dan efektifitas kerja.
lihat prosesnya :

* MECHANICAL DEBRIDEMENT
Proses pembersihan luka dari seluruh kotoran dan slough serta jaringan nekrotik yang terdapat pada luka dengan menggunakan metode konservatif, seperti yang biasa dilakukan, dengan menggunakan kasa lembab yang harus diganti setiap hari, sehingga dirasa kurang efektif dari segi pembiayaan maupun efisiensi kerja.

* BIOLOGICAL DEBRIDEMENT
Proses pembersihan luka dengan metode ini sangat jarang digunakan, yaitu dengan menggunakan larva maggot yang di tanamkan ke luka yang bermasalah, nantinya larva-larva ini akan memakan jaringan nekrotik dan slough, sehingga luka akan bersih. Hanya saja metode ini kurang disukai karena selain terkesan luka tidak pernah dirawat, dari segi kebersihan rasanya kurang baik.


KLINIK KHUSUS PERAWATAN LUKA kami menawarkan 3 metode teratas, semua dapat dikonsultasikan dan disesuaikan dengan kondisi pasien.
Adapun jenis-jenis luka kronik yang dapat diterapi adalah  :


LUKA TRAUMA, LUKA BAKAR, LUKA FISTEL, LUKA DEKUBITUS, LUKA DIABETIK, LUKA KARENA KANKER maupu LUKA SETELAH PROSEDUR OPERASI serta BEKAS LUKA YANG KURANG BAIK.

Untuk memperoleh hasil penyembuhan luka semaksimal mungkin tanpa menimbulkan cacat dan bisa mendekati normal, anda dapat berkonsultasi GRATIS dengan pakar kami , KLIK DISINI untuk membuat janji.
Posting Komentar