Minggu, 26 Januari 2014

Keloid

  Apa itu Keloid ?
  Keloid dapat dianggap sebagai "luka yang mengalami fase penyembuhan luka yang berlebihan." Sebuah keloid, kadang-kadang disebut sebagai bekas luka keloid, adalah bekas luka yang tiba-tiba menumpuk cukup kenyal/keras di atas sisa kulit.
Keloid biasanya mempunyai ciri di bagian atas halus dan berwarna merah muda atau ungu. Keloid yang berbentuk tidak teratur lebih cenderung bertambah besar dan tumbuh progresif. Tidak seperti bekas luka, keloid akan selalu tampak terlihat.

Apa perbedaan antara keloid dan bekas luka yang mengalami penebalan tidak normal ?? 

Setelah kulit terluka, proses penyembuhan biasanya meninggalkan bekas luka yang datar. Terkadang bekas luka dapat menebal, tetapi terbatas pada tepi luka. Bekas luka yang menebal cenderung lebih merah dan mungkin akan hilang dengan sendirinya (perlu proses sekitar satu tahun atau lebih). Sebaliknya pada Keloid, mulai timbul beberapa saat setelah cedera dan batasnya melampaui daerah luka. Keloid memiliki kecenderungan untuk bermigrasi ke daerah -daerah sekitarnya yang awalnya tidak terluka, hal ini yang membedakan keloid dengan bekas luka yang mengalami penebalan (hipertrofik scar). 

Apa saja gejala dan tanda-tanda keloid

Keloid terlihat dan mengkilap dan berbentuk kubah, mulai dari warna merah muda menjadi merah. Beberapa keloid menjadi cukup besar dan tidak enak dipandang. Selain menyebabkan masalah kosmetik atau keindahan kulit, bekas luka yang terlihat rimbun cenderung gatal, perih, atau bahkan terasa nyeri atau sakit ketika disentuh.  Keloid biasanya muncul atau timbul setelah operasi atau cedera, akan tetapi keloid juga dapat muncul secara spontan atau sebagai hasil dari beberapa peradangan ringan, seperti jerawat di dada (bahkan yang tidak tergores atau iritasi sekalipun). Luka ringan lain yang dapat memicu keloid adalah luka bakar dan luka karena tindik.  

Apa penyebab Keloid ?
Keloid jarang terjadi pada anak-anak dan orang tua. Meskipun orang dengan kulit lebih hitam/gelap lebih mungkin dan cenderung berpotensi timbul keloid, keloid dapat terjadi pada orang dari semua jenis kulit. Dalam beberapa kasus, kecenderungan untuk membentuk keloid tampaknya juga berhubungan dengan faktor keturunan dalam keluarga. 

Dimana bagian tubuh yang paling sering timbul Keloid ?
Keloid berkembang paling sering di dada, punggung, bahu, dan telinga. Keloid jarang sekali yang terjadi pada wajah (dengan pengecualian pada rahang).

Keloid yang sifatnya kronis akan terasa gatal dan iritatif akan sangat mengganggu. Keloid di daerah yang sensitif atau pada daerah kecantikan/kosmetik yang menyebabkan cacat atau malu adalah alasan utama dan jelas untuk dilakukan pengobatan. Tidak penting membicaran tentang apakah pengobatan dini itu sangat penting. Yang menjadi catatan adalah bahwa keloid yang lebih besar akan lebih sulit dalam pengobatannya. 

 Pengobatan keloid 

 Ada beberapa metode pengobatan keloid :

a. Dengan suntikan steroid intra lesi, setiap 2 minggu sekali selama 6 kali

b. Cara Bedah/Pembedahan
  Cara ini adalah cara yang berisiko, karena melalui pembedahan akan memotong keloid yang mana hal ini dapat memicu pembentukan keloid yang sama atau bahkan lebih besar. Beberapa ahli bedah mencapai keberhasilan dengan menyuntikkan steroid atau menerapkan pembalut tekan ke daerah luka setelah memotong keloid. Setelah pembedahan selesai biasanya juga dilakukan Radiasi.
Biasanya pada pembedahan ini keloid di eksisi reduksi, eksisi reduksi ini adalah operasi pembuangan jaringan keloid sebagian, dan menyisakan sedikit, kemudian setelah operasi diikuti penyuntikan steroid untuk mencegah keloid tumbuh kembali dan menghilangkan keloid sisa.
contoh kasus :

c. Penggunaan Laser
  Laser bisa efektif meratakan keloid dan membuat warna merah pada keloid menjadi berkurang. Pengobatan ini aman dan tidak sangat menyakitkan, tetapi memerlukan beberapa sesi perawatan. Pengobatan keloid dengan laser Ini mungkin relatif mahal, karena perawatan tersebut umumnya tidak dapat dibiayai dengan dana asuransi. 
d.  Penggunaan Silicon
      Pengobatan cara ini adalah dengan mengenakan selembar silikon gel pada daerah yang mengalami keloid selama beberapa jam dalam sehari selama beberapa minggu atau bulan. Hasilnya bervariasi. Beberapa dokter mengklaim sukses serupa dengan balut tekan yang terbuat dari bahan lain selain silikon. 
e. Cryotherapy
  Cryotherapy yaitu usaha membekukan atau Pembekuan keloid dengan nitrogen cair yang dapat meratakan keloid namun sering menggelapkan daerah yang dilakukan tindakan.
Posting Komentar