Sabtu, 23 April 2016

Tanda Lahir pada Wajah

Salah satu penyebab rasa minder terutama bagi kaum hawa adalah mempunyai tanda lahir berupa bercak kehitaman pada bagian tubuh tertentu akibat hiperpigmentasi, apalagi kalau terdapat di wajah yang notabene dilihat oleh banyak orang.
Adapun tanda lahir tersebut bisa berupa Giant Naevus atau hanya sekedar noda hiperpigmentasi yang berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya.

Tanda lahir ini tentu tidak akan hilang begitu saja walau sudah dibersihkan, diberi masker, peeling wajah dan sebagainya. Salah satu solusi jitu untuk menghilangkan tanda lahir ini adalah lewat prosedur Operasi Kosmetik Eksisi dan Lokal Flap seperti pada gambar.

Adapun teknik dan jenis operasinya bergantung kepada seberapa luas kelainan yang ada, akan tetapi metode yang paling baik adalah dengan membuang lapisan kulit yang lebih gelap tersebut (eksisi) dan menggeser kulit sekitarnya untuk menutupi lubang akibat pembuangan kulit yang lebih gelap itu (lokal flap) dengan pertimbangan : secara estetik warna kulitnya akan kembali SAMA dengan warna kulit daerah sekitarnya. akan tetapi jika defek yang ditimbulkan terlalu luas maka tidak akan bisa ditutup dengan metode ini, ada 2 cara lain yaitu :



1. dengan metode cangkok kulit (skin graft) 

metode ini bisa menutup defek yang luas, akan tetapi komplikasi yang tidak disukai adalah, warna kulit hasil cangkokan ini terkadang kan cenderung lebih gelap daripada kulit sekitarnya.

2. dengan metode tanam implant
ada implant yang ditanam dibawah kulit yang akan diambil (eksisi) lalu secara bertahap diisi dengan larutan garam fisiologis selama 3-4 minggu sehingga implant membesar dan kulit diatasnya juga ikut teregang. Lalu pada saat operasi pembuangan kulit yang lebih gelap tadi, implantnya dilepas, sehingga kulit yang tersisa sudah 'melar' sehingga bisa ditarik dan cukup untuk menutupi defek yang luas. Kelemahan teknik ini selain waktu yang diperlukan untuk keseluruhan prosedur cukup lama, juga dibutuhkan 2x tindakan operasi, yang pertama untuk menanam implant dan yang kedua prosedur eksisi dan lokal flap nya.

Jika ingin berkonsultasi mengenai kelainan ini, sebaiknya melakukan tatap muka langsung agar lebih akurat melihat ukuran defek yang akan timbul dan merencanakan lokal flap yang terbaik, atau dengan menyertakan foto seluruh wajah tampak depan dan samping via email.




Posting Komentar